Jumat, 01 Januari 2016

Tahun yang Baru Telah Datang, Mari Kembali Berjuang

Hari pertama di tahun yang baru 2016 telah datang. Masih terlihat di Facebook atau Twitter Anda ucapan Selamat Tahun Baru dan ramainya perayaan malam pergantian tahun.

Untuk kaum muslim, ada tahun baru islam 1 Muharram sebagai ajang muhasabah diri, mengukur amalan di tahun sebelumnya dan do'a serta komitmen untuk berjuang memperbaiki diri di tahun berikutnya.

Untuk dunia bisnis dan usaha yang menggunakan penanggalan kalender masehi, tahun baru 1 Januari menjadi titik untuk mengukur pencapaian tahun sebelumnya dan setting target untuk tahun berikutnya.

Bagaimana dengan Anda?



Bagaimana Anda merancang resolusi tahun ini dan sejauh mana pencapaian resolusi Anda tahun lalu? Bagaimana hasil perjuangan Anda merealisasikan resolusi Anda tahun lalu?

Beberapa tokoh memberikan jurusnya untuk membuat resolusi tahunan. Ini adalah breakdown atau bagian yang lebih kecil dari mimpi-mimpi besar Anda.

Salah satu teknik untuk menentukan target dalam dunia bisnis/usaha adalah SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Timely).

Ini untuk menentukan strategy apa yang harus Anda siapkan dalam mencapai target. Langkah lanjutan dari teknik ini, Anda akan menghitung detail target, membagi time frame (periode waktu) yang lebih kecil, menentukan langkah yang harus dilakukan per time frame, dan menyiapkan tools untuk monitoring pencapaian target tersebut. Target yang Anda buat harus memungkinkan untuk dicapai dengan langkah-langkah yang akan Anda lakukan (achievable dan realistis).

Cara lain untuk merancang resolusi tahunan adalah membagi beberapa area kehidupan Anda, seperti salah satu materi dalam wokshop Life Mastery with Merry Riana kemarin, ini testimoni saya. Dengan bahasa yang berbeda, ditulis juga oleh Kang @DewaEkaPrayoga.

Tujuan hidup dan resolusi Anda harus mencakup 7 hal ini :
  1. Spriritual
  2. Family / Relationship
  3. Social
  4. Career / Business / Financial
  5. Health
  6. Leisure
  7. Personal Growth
Bagaimana dengan resolusi Anda?

Setiap hari yang berlalu, maka semakin dekat batas waktu Anda berjuang mewujudkan resolusi yang sudah Anda buat.

Setiap hari adalah 1 anak tangga kesuksesan yang harus Anda lewati. Jangan biarkan di penghujung tahun nanti, Anda baru tersadar bahwa terlalu banyak waktu yang berlalu begitu saja.

Tahun yang baru telah datang, mari kembali berjuang!

Bismillah...

0 komentar:

Posting Komentar

 
;